ARTIKEL
- 02 Feb 2021

5 Alasan Sarapan Penting untuk Keluarga

Keluarga adalah adalah harta yang paling berharga. Sesuatu yang teramat berharga ini harus kita jaga dan rawat penuh cinta. Salah satunya adalah menjaga mereka dengan menyediakan sarapan yang bernutrisi untuk menunjang aktivitas keluarga.

Alasan terburu-buru membuat sebagian orang melewatkan sarapan pagi. Padahal, sarapan pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Melewatkan sarapan sama saja membiarkan anggota keluarga beraktivitas tanpa energi dan daya tahan tubuh yang kuat.

Berikut ini beberapa alasan, mengapa sarapan itu sangat penting untuk menjadi pola kebiasaan di dalam keluargamu.

 

  • Penunjang energi bagi keluarga untuk beraktivitas

Seperti kendaraan, Anda membutuhkan bahan bakar untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang. Mengingat, tidur panjang membuat kadar gula turun, padahal gula adalah sumber energi.

Selain itu, untuk menunjang aktivitas rutin seperti bekerja, membereskan rumah, hingga berangkat ke sekolah, keluargamu baiknya mendapatkan energi yang cukup dari sarapan.  

 

  • Lindungi tubuh dari penyakit

Sebuah studi mengungkapkan bahwa kadar kolesterol jahat akan cenderung tinggi apabila seseorang tidak sarapan. Ini adalah alasan dibalik mengapa sarapan bisa mencegah risiko obesitas, diabetes, dan penyakit lainnya.

Sarapan bernutrisi yang kaya protein juga bagus untuk mendukung metabolisme tubuh selain lebih mengenyangkan dibandingkan karbohidrat. 

 

  • Menjaga konsentrasi ketika beraktivitas

Kebiasaan sarapan membuat seseorang lebih fokus dan produktif dalam beraktivitas. Menghindari sarapan justru akan membuat daya pikir menurun. Selain itu, sarapan juga dapat meningkatkan mood positif. Sebaliknya, rasa lapar justru membuat suasana hati memburuk serta stres.

Sarapan memang sudah terbukti berdampak positif bagi kesehatan. Namun, tak hanya itu ternyata sarapan juga berdampak positif terhadap pikiran dan mental.  

 

  • Menjaga berat badan dan daya tahan tubuh

Dengan sarapan secara rutin, seseorang tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan. Hal itu membuat kalori lebih terjaga dan teratur.

Selain itu, sarapan juga bagus bagi daya tahan tubuh apabila makan makanan yang kaya akan protein, serat, dan vitamin. 

 

  • Cara untuk mempererat kedekatan keluarga

Sebagai sebuah keluarga, sebaiknya terus menjaga ikatan kedekatan secara emosional agar terjalin hubungan yang harmonis. Salah satu cara mempererat kebersamaan antar keluarga adalah dengan makan bersama di pagi hari. Dengan makan bersama, keluarga bisa saling bertukar cerita dan rasa.

Salah satu yang penting dari sarapan bersama keluarga adalah melatih anak untuk bersopan santun ketika makan. Berbeda apabila, suatu keluarga makan secara sendiri-sendiri. 

 

Sarapan adalah kebiasaan yang tak boleh dilupakan. Apabila, Anda sebagai orang tua memang memiliki waktu yang terbatas, sebaiknya siapkan makanan yang praktis dan lezat, seperti Kimbo yang selalu siap menemani kebersamaan keluarga.

Nah, setelah menyimak tulisan ini, Anda jadi semakin mengerti tentang pentingnya sarapan. Yuk, selalu berikan menu sarapan terbaik untuk keluarga Anda!

Anda bisa temukan beragam kreasi menu sarapan di laman Berbagi Resep Sarapan Pagi dengan produk KIMBO: https://kimbo.id/berbagi-resep?