ARTIKEL
- 28 Dec 2020

Tips Musim Pancaroba, Jaga Keluarga Tetap Sehat

Musim pancaroba biasa disebut sebagai musim yang tak menentu, karena ketika siang hari yang terik bisa saja berganti dengan cepat menjadi hujan yang turun deras. Belum lagi, intensitas angin yang biasanya bertiup dengan kencang. Untuk itu, tak heran kalau musim pancaroba selalu lekat dengan munculnya berbagai jenis penyakit, misalnya flu, demam, batuk, hingga panas dalam.

Ada ungkapan “mencegah lebih baik daripada mengobati”, dan untuk mengatasi berbagai penyakit di musim pancaroba, pastikan kita harus memiliki daya tubuh yang baik. Jika tidak, tubuh akan rentan terkena penyakit karena tidak mampu beradaptasi dengan cuaca yang ekstrem.

Jangan sampai penyakit menyerang kita dan mengganggu aktivitas. Lakukan beberapa tips ini agar tubuh tetap bugar dan sehat di musim pancaroba!

 

Sediakan multivitamin

Vitamin adalah unsur penting untuk menguatkan sistem imun tubuh, khususnya vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E. Vitamin C adalah pendorong sistem imun utama jika dibandingkan vitamin lain. Vitamin B6 adalah vitamin yang berperan dalam berjalannya reaksi kimia dalam sistem imun tubuh. Sedangkan, vitamin E adalah nutrisi yang ampuh untuk melawan infeksi dalam tubuh.

Namun, pastikan jangan mengonsumsi multivitamin dengan berlebihan dan jika butuh info terkait pemakaian yang aman, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yaa!

 

Hindari keluar rumah apabila cuaca tak memungkinkan

Pergantian cuaca yang ekstrem membuat kita hendaknya mempertimbangkan kembali untuk beraktivitas di luar rumah. Selain berbahaya bagi keselamatan, cuaca ekstrem juga berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, jika cuaca tak memungkinkan, lebih baik beraktivitas dari rumah saja.

Jangan pernah lupa juga, meskipun di rumah tetap gunakan pakaian yang hangat dan perbanyak minum air putih.

 

Pastikan pola tidur teratur

Menjaga kesehatan tak hanya butuh makanan yang bernutrisi, tetapi pola tidur yang teratur dan berkualitas adalah hal yang tak boleh dilupakan. Menurut laman Sleep Foundation, pola tidur yang seimbang sebaiknya dilakukan selama tujuh hingga delapan jam sehari, sehingga pergantian sel-sel tubuh ketika seseorang tidur dapat berjalan dengan optimal.

Biarpun tidur merupakan aktivitas sehari-hari, tetapi jangan sepelekan pola tidurmu yaa!

 

Olahraga teratur

Ada banyak manfaat olahraga bagi tubuh, mulai dari memperlancar peredaran darah, menjaga kesehatan tulang, merangsang pertumbuhan ideal, hingga menjauhkan dari berbagai jenis penyakit. Sebaiknya seseorang melakukan olahraga setiap hari minimal 30 menit, sehingga aktivitas ini berdampak optimal bagi tubuh.

Ingat yaa, yang paling penting dari olahraga bukan soal berat atau ringannya, tetapi soal konsisten menjalankannya. 

 

Penuhi asupan protein

Protein merupakan nutrisi utama dalam metabolisme tubuh. Ia berperan sebagai pembentuk antibodi untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Bahkan, protein adalah nutrisi utama untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Pastikan konsumsi makanan yang kaya akan protein, contohnya adalah beragam produk dari Kimbo yang siap penuhi kebutuhan protein tubuh.



Itulah tips agar tetap sehat di tengah musim pancaroba, jika info ini penting bagi sahabat atau keluargamu, segera share tulisan ini. Untuk info-info lainnya, jangan lewatkan juga untuk simak media sosial Instagram Kimbo Indonesia.