ARTIKEL
- 04 May 2021

5 Kiat Berhemat di Bulan Ramadhan

Di bulan yang suci dan penuh berkah ini selama satu bulan kita menjalani ibadah puasa. Secara logis seharusnya konsumsi mengalami penurunan. Namun, sebaliknya justru banyak konsumsi yang semakin melonjak hingga 2 atau 3 kali lipat. Hal itu dikarenakan banyak kegiatan yang perlu dihabiskan secara bersama, melalui buka bersama hingga Lebaran. 

Selain karena banyaknya aktivitas yang dihabiskan bersama-sama, acapkali buka puasa juga dijadikan momen untuk pelampiasan. Alih-alih menyelami makna puasa untuk mengendalikan nafsu, justru ketika berbuka puasa menjadi momen untuk makan sebanyak-banyaknya dan seenak-enaknya. Sehingga, pengeluaran bulan Ramadhan justru membengkak. Begitupun saat Lebaran yang membuat pengeluaran semakin meningkat lagi.

Ketika pengeluaran membengkak, hal itu menjadi masalah tersendiri. Sehingga, kalian bisa mencegah pengeluaran yang berlebihan selama Ramadhan dengan menerapkan 5 tips berikut ini.  

 
Susun keuangan sebulan penuh

Harga kebutuhan pokok biasanya akan naik selama Ramadhan. Agar lebih hemat, susun prioritasmu terlebih dahulu. Selain itu, pilihlah kebutuhan pokok yang bisa tahan lama untuk jangka selama Ramadhan. Dengan pengelolaan keuangan yang terukur, maka keuangan lebih terjaga dan stabil. 

 

Selektif mengikuti bukber

Di masa pandemi seperti ini buka bersama di luar rumah merupakan sesuatu yang perlu dipikirkan ulang. Namun, acap kali ajakan orang terdekat memang susah untuk ditolak. Untuk itu, selain harus mematuhi protokol kesehatan, sebaiknya atur kebiasaanmu ini jangan sampai terlalu sering hingga membuat pengeluaranmu membengkak. 

 

Hindari jajan takjil berlebihan

Momen berbuka puasa menjadi waktu yang dinanti-natikan. Sehingga banyak orang terlalu berlebihan menyiapkan takjil puasa yang terlalu banyak dan mahal. Alih-alih jajan takjil di luar rumah yang berlebihan, lebih baik buat takjilmu sendiri dengan berkreasi sesuai dengan favoritmu. Selain lebih nikmat dan higienis, tentu saja menu takjil buatan sendiri lebih hemat secara biaya. 

 

Memanfaatkan diskon selama Ramadhan

Ramadhan adalah momen ketika banyak sekali diskon. Manfaatkan momen itu dengan belanja sesuai kebutuhanmu.  Namun, ingat sesuaikan dengan prioritasmu dan jangan sampai tergiur belanja yang tidak perlu, hanya karena ada diskon. Tetap saja, diskon hanyalah kesempatanmu untuk membeli suatu barang yang kamu inginkan menjadi lebih murah, bukan membeli sesuatu yang tak penting. 

 

Tak perlu berlebihan untuk persiapan Lebaran

Lebaran selalu identik dengan baju, dekorasi rumah, hingga sepatu baru. Bahkan, lebaran juga identik dengan menu makanan yang bervarian dan mahal. Namun, hal seperti itu sebenarnya bukanlah suatu kewajiban. Justru yang prioritas adalah momen bersama keluarga secara hangat. Oleh sebab itu, sesuaikan kebutuhan Lebaran sesuai budget dan prioritasmu.

 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang spesial, tetapi bukan berarti pengeluaran menjadi tak terkontrol. Selain menghemat pengeluaran secara bijak, sediakan juga makanan yang praktis dan terjangkau sebagai makanan berbuka atau sahur. Contohnya adalah Kimbo yang tersedia dalam berbagai varian sesuai dengan kebutuhanmu, selengkapnya bisa kamu cek di laman berikut ini: https://kimbo.id/produk?brand=kimbo-frozen

Yuk, share ke orang terdekat apabila tulisan ini bermanfaat!