ARTIKEL
- 12 Apr 2021

5 Pengingat Agar Kamu Selalu Bersyukur

Kadang ada kalanya seseorang berpikir bahwa hidup kita banyak kekurangan dibandingkan dengan orang lain yang hidup penuh bahagia. Seolah-olah dirinya adalah orang paling gagal di dunia, sementara orang lain hidup dengan kesuksesannya.

Apalagi jika aktif bermedia sosial, ketika orang-orang saling menunjukkan betapa bahagia hidup mereka. Hal itu membuat seseorang yang merasa hidupnya diliputi kekurangan menjadi minder, dan berpikir bahwa dirinya tak sama dengan mereka. Bahkan, hal seperti ini membuat mereka menjadi rendah diri dan merasa dirinya tak berarti.

Padahal, bisa jadi rasa tidak puas atas diri sendiri hadir karena orang itu lupa bersyukur atas apa yang kita miliki. Untuk itu, mulailah bersyukur dengan mengingat 5 hal di bawah ini.

 

Ucapkan terima kasih atas apa yang diberikan Tuhan

Benar bahwa mempunyai mimpi dan ambisi membuat hidup bergairah, tetapi bersyukur membuat hidup lebih bahagia. Hidup bukan selalu mengejar apa yang belum dimiliki, tetapi merawat dan menghargai yang sudah ada juga tak kalah pentingnya. Untuk memulai hidup bahagia, ucapkan terima kasih kepada orang terdekat Anda, mitra bekerja yang dipercaya, dan Tuhan yang selalu memberkati Anda. Semua itu adalah anugerah terbesar dalam hidup Anda. 

 

Bahagiakan orang-orang di sekitarmu

Membahagiakan orang yang kita sayang akan membahagiakan kita sendiri. Membuat orang lain bahagia, tak hanya dilakukan dengan memberi mereka barang-barang mewah, tetapi yang paling penting adalah Anda bisa menunjukkan perhatian dan rasa simpati. Ketika orang lain mendapat perhatian, dia akan merasa aman dan nyaman, sehingga dia bisa lebih tenang dan bahagia. 

 

Jangan berandai-andai yang tidak perlu

Memikirkan suatu hal secara berlebihan atau disebut overthinking berdampak buruk bagi kesehatan mental, bahkan lambat laun juga berdampak pada kesehatan fisik. Alih-alih terjebak dalam trauma masa lalu atau ekspektasi masa depan yang berlebihan, lebih baik batasi diri dengan mensyukuri apa yang sudah ada. Lihat orang-orang di sekeliling dan selalu ada buatmu, bukankah itu sudah menjadi hal yang luar biasa?

 

Jangan membanding-bandingkan diri dengan orang lain

Kadang kala jika membanding-bandingkan diri dengan orang lain untuk tujuan belajar dan memperbaiki kekurangan itu baik. Namun, apabila membanding-bandingkan diri hanya karena ingin ‘menjadi’ orang lain, tentu tidak baik. Setiap orang memiliki cerita, latar belakang, dan tujuan hidup masing-masing. Percayalah, sebagaimana hidup orang lain, hidup Anda pun begitu berharga dan istimewa. 

 

Berbagilah kepada sesama

Berbagi itu membahagiakan, karena pada dasarnya kita sudah menghargai nilai yang ada dalam diri kita sendiri. Selain itu, berbagi merupakan cara agar kita tak terlalu tergantung atas apa yang membuat kita melekat dan tergantung. Oleh karena itu, melalui berbagi sebenarnya kita juga melatih bersyukur atas apa yang dimiliki serta sadar bahwa setiap yang kita miliki ada hak orang lain juga. 

 

Setiap orang memiliki kisah gagal dan kurangnya masing-masing. Namun, yang terpenting dari itu adalah apakah kita belajar atau tidak, alih-alih hanya meratapi kekurangan. Fokuslah pada kelebihan dan kisah kalian masing-masing. Selain itu, terimalah diri kita sendiri dan lakukan sesuatu untuk meraih impian kita.

Tetap semangat untuk melakukan yang terbaik dan selalu bersyukur ya!