ARTIKEL
- 06 May 2021

Anak Sedang Demam? Begini Langkah Menurunkannya

Demam sendiri merupakan kondisi tubuh yang mengalami kenaikan suhu hingga 47 derajat celcius atau lebih. Sehingga anak biasanya akan menggigil, mengigau, dan tidur menjadi terganggu. Demam sebenarnya merupakan reaksi tubuh untuk memerangi infeksi secara alami, karena disebabkan oleh virus, bakteri, maupun parasit yang menyerang sistem metabolisme tubuh. 

Ketika anak sedang demam, seringkali membuat orang tua bingung, panik, dan stres. Apalagi jika tak memiliki persediaan obat di rumah, tentu hal itu membuat kita semakin khawatir lagi. Namun, sebenarnya untuk menurunkan demam bisa juga dengan cara-cara sederhana, yakni menggunakan bahan makanan atau alat-alat di sekitar kita.

Berikut ini beberapa tips untuk menurunkan demam secara praktis dan efektif pada Anak!

 

Kompres bagian dahi

Cara paling sederhana untuk menurunkan demam anak adalah mengompres menggunakan air hangat. Ketika mengompres anak di bagian dahi, terjadi penguapan di pori-pori tubuh yang membuat panas dalam tubuh keluar. Hal ini pula yang membuat demam menjadi lebih menurun.

 

Mandi air hangat

Selain membersihkan tubuh dari kotoran, mandi air hangat juga ampuh menurunkan panas anak. Ketika air hangat bersentuhan dengan kulit, maka suhu tubuh akan menurun sekitar 2 derajat selama kurang lebih 45 menit. Berbeda apabila justru mandi air dingin, karena bisa menyebabkan anak menggigil. 

 

Memperbanyak konsumsi buah-buahan

Salah satu faktor imun tubuh yang lemah adalah karena kurangnya konsumsi buah-buahan. Untuk memperkuat dan menambah imun tubuh, sebaiknya konsumsi buah-buahan yang kaya akan ion, seperti jeruk, semangka, kiwi, hingga nanas. Selain itu, bisa juga pisang yang mengandung kalium yang bisa menurunkan demam. 

 

Pijat dan beri minyak kayu putih

Tak hanya mengatasi perut kembung, minyak kayu putih juga sangat ampuh untuk meredakan demam pada anak, karena dapat melawan infeksi dan merangsang keringat untuk mendinginkan tubuh. Minyak kayu putih memiliki senyawa yang merangsang kelenjar eccrine untuk mengeluarkan keringat. Selain itu, minyak kayu putih juga membantu untuk membuang racun melalui keringat. 

 

Berikan masakan berprotein

Protein merupakan zat yang bisa menjaga metabolisme tubuh dengan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Protein juga memberikan suplai energi, sehingga kita memiliki kekebalan tubuh untuk melawan berbagai jenis infeksi, termasuk karena demam. Sumber protein bisa didapat dari telur, tempe, ayam, hingga produk daging olahan Kimbo yang praktis, lezat, dan kaya akan nutrisi. Selengkapnya cek berbagai produk Kimbo pada link berikut: https://kimbo.id/produk?brand=kimbo-frozen

 

Itulah beberapa tips untuk menurunkan demam anak yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Terlebih jika demam datang secara mendadak dalam waktu yang tak terprediksi. Namun, apabila demam tak kunjung reda setelah 2 hari atau justru demamnya semakin parah, segera periksakan ke dokter spesialis anak. 

Salam sehat semua!