ARTIKEL
- 02 Feb 2021

Cara Menghilangkan Rasa Khawatir Berlebihan Saat Pandemi

Perkembangan pandemi Covid-19 yang belum juga berhenti, tentu membuat kita selalu khawatir jika bepergian keluar rumah. Rasa khawatir memang perasaan yang cukup manusiawi, dan semua orang pasti mengalaminya. Namun, yang menjadi persoalan adalah bagaimana cara mengatasinya agar kita tetap bisa beraktivitas dengan produktif di tengah pandemi.

Keselamatan diri kita adalah keselamatan bagi orang-orang tercinta di sekeliling kita. Terlalu khawatir kurang baik, sementara abai terhadap bahaya Covid-19 juga sangat tidak baik. Untuk itu, lebih baik jadikan kekhawatiran itu sebagai rasa waspada terhadap berbagai risiko di luar rumah.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghilangkan rasa khawatir dan menjaga agar tubuh tetap bugar serta sehat.

 

  • Terapkan 5M ketika keluar rumah

5M adalah kunci utama untuk menekan, mencegah, sekaligus memutus rantai penularan Covid-19. Penerapan 3M ini dilakukan dengan menjalankan 3 perilaku disiplin, yakni:

  • Memakai masker, 
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, 
  • Menjaga jarak, 
  • Menghindari kerumunan,
  • Menghindari makan bersama dengan yang belum jelas riwayat kesehatannya.

Protokol kesehatan adalah syarat utama keselamatan. Namun, apabila sudah mematuhinya, jangan lupa mengingatkan orang lain untuk bersama-sama menerapkan protokol kesehatan.

 

  • Sering ganti pakaian setelah keluar rumah

Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga keluarga di rumah agar terhindar dari virus Covid-19. Salah satunya menjaga kebersihan dengan sering berganti pakaian. Hal ini dikarenakan, virus corona bisa menempel di permukaan benda, termasuk pakaian Anda.

Dengan mengganti pakaian yang dikenakan di luar rumah, setidaknya mengurangi rasa khawatir Anda terhadap keselamatan keluarga di rumah.

 

  • Lebih sering mandi dan keramas

Apabila Anda khawatir setelah seharian beraktivitas di luar rumah, sebaiknya Anda mandi dan keramas. Mengingat, bisa saja virus menempel pada kulit dan rambut Anda sehabis keluar rumah.

Yang harus diingat, sesampainya di rumah jangan menyentuh barang-barang atau orang lain, sebelum Anda bersih dan berganti pakaian.

 

  • Utamakan beraktivitas di dalam rumah

Penyebaran wabah Covid-19 di berbagai daerah belum benar-benar usai. Tetap waspada di mana pun berada, terutama saat beraktivitas di luar rumah. Selain itu, selalu prioritaskan beraktivitas dari dalam rumah jika tak punya kepentingan mendesak.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan dari rumah. Apalagi saat ini Anda bisa memanfaatkan aplikasi meeting online jika ingin bertemu dengan siapa pun. 

 

Khawatir merupakan sikap berpikir berlebihan atas suatu masalah, karena kita tak tahu solusi atau upaya untuk mencegah masalah itu. Pada kondisi yang lebih lanjut, justru rasa khawatir ini dapat menyebabkan rasa panik dan mengganggu aktivitas produktif kita.

Nah, apabila informasi ini penting bagi orang-orang di sekelilingmu, langsung share aja tulisan berikut yaa.