ARTIKEL
- 15 Feb 2021

Cara Merekrut Juru Masak Agar Usaha Kuliner Cepat Sukses

Usaha kuliner yang maju dan sukses harus didukung skill dan sikap yang bagus dari Sumber Daya Manusia yang ada. Selain itu, mereka harus dapat bekerja sama untuk melayani dan memberikan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan.

Salah satu faktor penentu majunya usaha kuliner adalah sosok koki atau juru masak, karena dia adalah kunci kualitas produkmu dengan menghidangkan menu untuk konsumen secara langsung. Oleh sebab itu itu, penting untuk menentukan juru masak yang tepat melalui langkah-langkah yang tepat.

Nah, seperti apa kriteria juru masak atau koki yang cocok untuk usaha kuliner? Berikut ini adalah beberapa kriteria yang bisa menjadi panduanmu.

 

Punya karakter yang bagus

Karakter adalah hal yang terpenting dari seorang karyawan, terutama juru masak. Karakter juru masak yang baik akan menunjang kemajuan perusahaan, bagaimana ia mempunyai motivasi yang tinggi, etos kerja yang baik, profesional, dan jujur.

Salah satu yang penting juga adalah ia sosok yang kreatif, karena juru masak adalah orang utama di dapur Anda yang menentukan inovasi-inovasi ide menu yang brilian.

 

Bersedia melakukan tes menu masakan

Sebelum memilih seseorang menjadi juru masak, tes dia dengan menu masakan yang menjadi andalan usaha kulinermu. Lihat apakah cara memasaknya sudah benar dan bagaimana rasa yang dihasilkan dari karya masakan.

Selain rasa, salah satu yang penting adalah teknik penyajiannya atau ‘Food Plating’. Karena seenak apa pun rasanya, jika disuguhkan dengan tampilan yang buruk tentu akan membuat pelanggan tak berselera. 

 

Bersedia dikontrak minimal satu tahun

Kontrak kerja adalah bentuk komitmen seorang karyawan untuk perusahaannya. Kontrak kerja juga merupakan perjanjian lisan dan tertulis antara karyawan dan pengusaha. Sebagus apa pun hidangan yang disajikan juru masak, apabila dia tidak memiliki komitmen untuk bekerja dengan baik akan percuma.

Setelah dia lulus dalam ujian tes menu masakan dan sikap, berikan minimal satu tahun bekerja, dari waktu ini lihat bagaimana performa dia dalam bekerja.

 

Cepat beradaptasi dengan tim Anda

Kerja tim yang bagus hanya ada jika personel di dalamnya saling dukung dan memahami. Namun, hal itu tak akan ada apabila tak ada kemauan untuk beradaptasi dengan yang lain. Termasuk juga bagi juru masak, pastikan dia orang yang mau mendengar dan menerima kritik dari orang lain, apalagi jika itu dari pelanggan.

Selain beradaptasi dengan lingkungan kerja, dia juga mesti beradaptasi dengan perubahan inovasi-inovasi kuliner. Tampung berbagi idenya demi kemajuan usaha kuliner Anda sendiri. 

 

Sosok kunci seperti juru masak adalah faktor penting yang harus diperhitungkan juga dalam memajukan usaha kuliner Anda. Selain itu yang tak kalah penting adalah mitra usaha yang profesional, seperti Madusari Nusaperdana. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis  dengan produk daging olahan, segera hubungi divisi food service kami di laman Madusari Meat Solution: https://madusarifoods.com/  

Mari bersama-sama kembangkan bisnis dan raih kesuksesanmu!