ARTIKEL
- 15 Feb 2021

Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih terus meluas dan menimbulkan ketakutan bagi setiap orang. Sehingga, banyak di antara kita yang mengalami gangguan kesehatan mental, karena orang terlalu lama hidup dalam kepanikan, ketakutan, dan kebosanan di rumah. Apalagi dengan adanya anjuran sosial physical distancing, pasti menimbulkan hambatan komunikasi dengan kawan, sahabat, rekan kerja, bahkan keluarga.

Sayangnya tak semua orang siap menghadapi situasi yang berbeda dari sebelum-sebelumnya ini. Apalagi dengan cepatnya informasi sekarang di media sosial, yakni dengan adanya informasi yang tak jelas asal-usulnya, membuat orang cemas hingga berujung stres.

Agar kamu terhindar dari masalah mental yang memburuk, ikuti tips-tips berikut ini!

 

Hindari bermalas-malasan

Tak hanya buruk bagi kesehatan fisik, bermalas-malasan juga buruk bagi kesehatan mental. Bahkan menurut penelitian, kemalasan dengan bangun siang, jarang olahraga, hingga sering berkhayal pada hal yang tidak realistis, membuat tingkat kebahagiaan menurun.

Untuk itu, meskipun kamu tak memiliki kesibukan yang mendesak, sebaiknya lakukan hal-hal yang produktif selama di rumah, seperti membaca, menyiram tanaman, atau membersihkan rumah.  

 

Bersosialisasi dengan kawan secara virtual

Bersosialisasi adalah kebutuhan dasar manusia, karena dengan terhubung kepada orang lain akan membuat kita merasa aman dan bahagia. Untuk menyiasati di tengah situasi sekarang, sebaiknya lakukan sosialisasi dengan orang dekatmu menggunakan berbagai fasilitas digital, seperti video call, media sosial, chat, hingga aplikasi meeting online. 

Meskipun berjarak dan berbeda tempat dari orang lain, tetapi kenyataannya kita masih bisa terhubung melalui media virtual. Kita bisa saling sharing dan berbagi cerita bersama orang-orang terdekat kita. 

 

Belajar hal-hal yang baru

Mengatasi kebosanan dan rasa stres tak hanya dilakukan dengan hanya berdiam diri saja, tetapi melakukan hal-hal yang baru juga bisa menjadi solusi. Karena bisa jadi kita merasa stres karena melakukan hal yang itu-itu saja dan kurang melakukan eksplorasi terhadap hal baru.

Di tengah aktivitas Work From Home (WFH), lakukan kegiatan-kegiatan lain yang produktif apabila pekerjaan sudah selesai, seperti mengikuti webinar, kursus online, atau membaca buku.

 

Rutin berolahraga

Siapa bilang olahraga hanya bermanfaat untuk fisik saja? Tidak hanya fisik, olahraga juga penting untuk mencegah masalah kesehatan mental. Menurut penelitian, aktivitas fisik seperti olahraga dapat meningkatkan kadar endorfin, yakni hormon bahagia yang diproduksi oleh jaringan otak dan sumsum tulang. 

Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan fungsi otak, sehingga kita bisa lebih berkonsentrasi dan memiliki daya ingat yang lebih baik. 

 

Di tengah situasi baru seperti sekarang, sudah selayaknya kita memulai kebiasaan yang baru pula. Selain melakukan hal di atas, lakukan juga kebiasaan pola hidup sehat dengan makanan menu yang bergizi dan bernutrisi tinggi, seperti buah-buahan yang kaya vitamin dan daging yang kaya akan protein. Namun, apabila Anda ingin makanan praktis yang mengandung nutrisi protein tinggi, Kimbo bisa menjadi solusi terbaikmu. 

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang sedang menjalankan WFH selama pandemi. Bagi kalian yang berada tetap beraktivitas di luar rumah, ingat selalu patuhi protokol kesehatan. Stay safe, Stay healthy!