ARTIKEL
- 02 Feb 2021

Tips Agar si Kecil Tidak Jajan Sembarangan

Ketika si Kecil sedang berada di fase pertumbuhan, asupan nutrisi menjadi hal yang sangat penting. Namun, cemilan atau jajanan yang sembarangan menjadi masalah besar terhadap perkembangan tumbuh kembang anak, apalagi terhadap jajanan yang tidak jelas kadar nutrisinya seperti apa.

Ada beberapa masalah yang disebabkan jajanan yang sembarangan, mulai dari anak menjadi kurang nafsu ketika jam makan, kegemukan atau obesitas, kerusakan gigi, hingga kerentanan terhadap penyakit.

Nah, sebagai orang tua kita harus pandai-pandai memilih cemilan atau jajanan untuk anak. Selain itu, terapkan tips ini agar si Kecil berhenti untuk jajan sembarangan.

 

Biasakan anak untuk sarapan

Sarapan adalah salah satu aktivitas yang sangat penting untuk mengisi perut ketika si Kecil akan memulai aktivitas di pagi hari. Sehingga si Kecil akan mengurungkan niat untuk jajan secara sembarangan, karena sudah kenyang sebelumnya.

Usahakan buat menu sarapan yang kreatif dan spesial agar anak tidak bosan. Selalu sedia produk KIMBO dirumah dan kreasikan beragam menu sarapan demi kebahagiaan keluarga tercinta. 

 

Sediakan cemilan yang berprotein di rumah

Selain bermanfaat besar bagi tumbuh kembang anak, hidangan berprotein tinggi membuat lebih awet kenyang daripada hidangan lain. Kamu bisa menemukan beragam menu berprotein tinggi pada daging, telur, hingga susu.

Namun, apabila ingin menu makanan yang lebih praktis, spesial, dan lezat, KIMBO  menyediakan beragam produk daging olahan camilan siap santap untuk menemani tumbuh kembang keluarga dan meningkatkan kebahagiaan semua anggota keluarga Anda. 

 

Siapkan bekal ketika ia sekolah atau beraktivitas lain

Membawa bekal adalah cara jitu agar anak tidak jajan sembarangan ketika ia berada di sekolah atau beraktivitas lain. Selain itu, cara tersebut juga mengajarkan anak agar selalu berhemat, sehingga uang saku yang diberikan bisa untuk membeli hal-hal yang lebih bermanfaat.

Satu keuntungan lain adalah kamu bisa memperhatikan nutrisi dan gizi terbaik untuk si Kecil dari bekal sekolah, alih-alih makanan yang tak jelas kadar nutrisinya. Apabila Anda membutuhkan ide kreasi bekal yang kaya akan nutrisi, terutama protein, temukan beragam inspirasi bekal dari KIMBO melalui laman Berbagi Resep!

 

Orang tua memberikan contoh yang baik

Ada pepatah ‘Satu teladan lebih daripada seribu nasihat’. Jika ingin anak tidak jajan sembarangan, maka orang tua juga tidak boleh jajan sembarangan pula. Cobalah untuk tidak membelanjakan uang untuk kebutuhan yang tak perlu.

Setelah prinsip tersebut diterapkan, ajak seluruh anggota keluarga untuk konsisten tidak jajan secara sembarangan, dimulai dari orang tua.  

 

Berikan pengertian untuk anak ketika melihat iklan jajanan

Apabila si Kecil sudah dapat diajak berdiskusi, berilah ia pengertian tentang dampak buruk jajan secara sembarangan. Selain itu, berilah ia pengertian tentang iklan-iklan di media yang mengajaknya untuk jajan, mulai dari tujuan iklan sampai batasan-batasan yang bisa dilakukan anak ketika jajan.

Poin pentingnya adalah edukasi kepada si Kecil dengan perbanyak pengetahuan kepadanya, bukan sekadar melarangnya untuk melakukan hal ini dan itu. 

 

Memang sulit menghadapi keinginan anak yang bermacam-macam untuk jajan. Namun, di sini tantangannya sebagai orang tua, kita harus menyediakan alternatif lain, mengatur pola kebiasaan baru dan memberikan pengertian yang mudah dimengerti.

Apabila tulisan ini bermanfaat, yuk share agar semakin banyak orang tua yang dapat mengatasi kebiasaan si Kecil yang jajan sembarangan!