ARTIKEL
- 02 Feb 2021

Tips Dekorasi Rumah Makan Agar Menarik Pengunjung

Saat mendatangi sebuah rumah makan, pengunjung biasanya tidak hanya menikmati lezatnya menu, tetapi juga mencari rasa nyaman dan indahnya dekorasi rumah makan tersebut. Mengingat kenyamanan, keunikan, dan kekinian adalah faktor yang menjadi pertimbangan saat memilih tempat makan atau nongkrong.

Bisnis kuliner kian bertumbuh pesat dan semakin ketat persaingan antar bisnis. Tak hanya melakukan inovasi produk makanan, tetapi inovasi dekorasi tempat yang kekinian juga tak kalah penting. Karena, para pelanggan tentu ingin menikmati sajian makanan yang lezat sambil melepas penat dengan nyaman.

Sebelum Anda melakukan dekorasi rumah makan, berikut ini beberapa tips untuk membantu rumah makan Anda semakin indah dan nyaman.

 

  • Tentukan tema atau konsep

Salah satu hal dasar dari dekorasi rumah makan adalah tema apa yang dipilih. Hal ini dipilih berdasarkan ciri khas dari rumah makan dan disesuaikan dengan target pasar. Misalnya, apabila memiliki target pasar anak muda, pilih tema yang fun dan instagramable. Apabila target pasar adalah para pekerja, pilih tema yang casual dan nyaman.

Selain itu, tak hanya target pasar yang menjadi pertimbangan pemilihan tema rumah makan, tetapi juga lokasi dan menu makanan.

  • Pilih warna yang menarik

Warna juga merefleksikan sesuatu dan memberi dampak psikologis bagi manusia. Pilihlah warna-warna sesuai tema karakter rumah makan Anda, misalnya warna biru untuk memberikan kesan rasa tenang dan sejuk, warna merah atau oranye untuk memberikan kesan menarik dan atraktif, hingga warna cokelat atau abu-abu untuk memberikan kesan kalem dan natural.

Namun, selalu ingat yaa, pemilihan warna harus sesuai dengan tema komunikasi rumah makanmu.

 

  • Gunakan furnitur yang tepat

Memilih furnitur bukan perkara yang sepele. Jangan hanya karena selera pribadi, membuat dekorasi rumah makan menjadi tidak nyambung dengan tema. Selain selaras dengan tema, pemilihan furnitur harus disesuaikan dengan luas ruangan, budget, warna dasar yang dipilih.

Apabila ingin dekorasi rumah makan semakin sempurna, gunakan jasa desainer interior yang ahli dalam memilih furnitur dan menata ruangan. Namun, apabila budget terbatas, cari referensi di internet juga bisa dilakukan.

 

  • Perhatikan juga dekorasi luar ruangan

Ketika fokus menata dekorasi interior rumah makan, jangan lupakan juga dekorasi eksteriornya. Seperti dekorasi interior, eksterior ruangan juga harus ditata sesuai dengan tema dan pilihan warna. Selain itu, yang tak kalah penting berikan logo rumah makan yang sekiranya akan selalu diingat pelanggan.

Poin penting dalam dekorasi luar ruangan adalah bagaimana bisa mewakili semua dekorasi interior rumah makan.

 

Fokus utama dekorasi rumah makan adalah bagaimana untuk meningkatkan selera pengunjung. Terutama tentang pemilihan tema yang sesuai selera target pasar Anda. Untuk itu, pelajari dengan seksama bagaimana selera pasar, lakukan dekorasi yang khas, dan tentunya sesuaikan dengan budget.

Salah satu kunci yang tak kalah penting adalah keamanan pengunjung. Terapkan prinsip Cleanliness (hygiene) Healthiness and Safety Environment atau CHSE, yakni penerapan protokol dengan standar kebersihan, kesehatan, sanitasi, dan lingkungan. Sehingga pengunjung dapat lebih aman dan nyaman ketika menghabiskan waktu di rumah makanmu.

Yuk, terus kembangkan bisnis Anda untuk terus maju dan sukses!