ARTIKEL
- 02 Feb 2021

Tips Kembangkan Usaha Kuliner Melalui Pasar Digital

Konsumen saat ini telah menggunakan sarana teknologi untuk mencari berbagai produk, termasuk untuk mencari produk kuliner favoritnya. Sehingga, membuat usaha kuliner semakin berkembang dengan bantuan pasar digital.

Namun, tak semua pemilik usaha kuliner memiliki pengetahuan yang cukup untuk memaksimalkan potensi pasar digital ini. Padahal dengan strategi pemasaran bisnis kuliner yang tepat, pelaku usaha akan membangun, memperluas, dan meningkatkan penjualan.

Berikut ini beberapa tips untuk mengembangkan usaha kuliner melalui pasar digital. Yuk, simak info di bawah ini!

  • Kembangkan pemasaran dengan media sosial

Media sosial menjadi salah satu cara digital marketing kuliner yang tepat saat ini. Pasalnya, media sosial menjadi sarana interaksi masyarakat sekarang. Menurut, riset dari We Are Social dan Hootsuite, tingkat penetrasi penggunaan media sosial telah mencapai 42% dari total populasi dunia.

Gunakan media sosial yang paling sering digunakan saat ini, seperti Facebook, Instagram, dan YouTube. Pelajari target marketmu, dan komunikasikan pesan produkmu sesuai cara mereka berkomunikasi. Setelah itu, tawarkan berbagai penawaran menarik untuk mereka. 

 

  • Perluas pemasaran dengan layanan pesan-antar

Salah satu cara yang paling efektif menggaet pelanggan saat ini adalah dengan layanan pesan-antar, karena jutaan orang saat ini sudah aktif menggunakan layanan ini sehari-hari. Selain itu, dengan menggunakan layanan ini, Anda lebih bisa berfokus kepada operasional dan inovasi menu masakanmu karena cukup pengantar yang datang ke tempat Anda, bukan konsumen itu sendiri.

Agar produkmu lebih laris, jangan ragu untuk memberikan promo-promo kepada pelanggan setiamu.

 

  • Pasang iklan di Facebook dan Google

Agar usaha kulinermu semakin dikenal banyak orang, iklankan usahamu menggunakan Facebook dan Google Ads. Saring audiens Anda berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, dan lainnya. Selain itu, gunakan kata-kata kunci yang menjadi ciri khas produkmu dan sekiranya dapat dengan mudah dicari pelanggan.

Meskipun menggunakan Ads Digital perlu biaya, tetapi cara ini cukup efektif untuk menggaet pelangganmu, terutama generasi milenial dan generasi Z yang mendominasi penggunaan internet.

 

  • Himpun data pelanggan

Tak hanya memperluas pasar dan meraup penjualan yang signifikan, digital marketing juga merupakan alat untuk mengenal profil pelanggan. Jika kita sudah dapat mengenali pelanggan, Anda akan semakin mudah mengembangkan usahamu.

Saat Anda memanfaatkan media sosial dan memiliki akun Google Business, Anda akan terbantu dengan data statistik pelanggan, berupa umur, tempat, dan jenis kelamin. Sehingga Anda bisa membuat tolak ukur untuk mengembangkan bisnismu.

 

Memaksimalkan bisnis yang baik harus dibarengi dengan strategi pemasaran yang baik, salah satunya di sektor digital. Mengingat, sektor ini merupakan kunci sukses untuk mengembangkan usaha secara signifikan.

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan kreasi menu masakan dengan produk daging olahan, mari segera hubungi divisi food service kami di laman Madusari Meat Solution: https://madusarifoods.com/page/informasi-kerjasama

Apabila info ini bermanfaat bagi orang dekat, sahabat, keluargamu yang berkecimpung di dunia bisnis, yuk share aja ke mereka!