ARTIKEL
- 07 Apr 2021

Tips Mengajari Anak Belajar Membaca

Membaca merupakan keterampilan yang penting untuk dikuasai anak-anak yang sudah cukup secara usia. Namun, yang menjadi permasalahan adalah cara pembelajaran yang membosankan sehingga si Kecil menjadi kurang antusias. Oleh sebab itu, belajar yang nyaman dan asyik merupakan hal yang penting untuk dilakukan. 

Ada banyak cara untuk mengajari anak untuk bisa membaca. Hal ini menjadi penting agar anak terbiasa untuk berpikir secara runtut dan memiliki referensi pemikiran yang beragam dari buku-buku serta hal-hal di sekitarnya. Sebagai bahan untuk menemani anak dalam belajar membaca, berikut adalah cara yang dapat para orang tua lakukan dalam proses belajar.

 

Menghafal huruf menggunakan games

Cara pertama belajar membaca yang menyenangkan bisa dilakukan orang tua bersama anak adalah bermain game. Ya! Lebih tepatnya bermain game sekaligus mengenalkan kepada anak untuk menghafal huruf. Anda bisa mengunduh beragam games, seperti Marbel: Lancar Membaca, Mari Belajar Membaca, Ayo Belajar Membaca, dan lain sebagainya. 

 

Rutin membacakan buku kepada anak

Rutinlah membacakannya buku atau cerita yang menarik perhatiannya. Dengan cara ini anak akan lebih antusias dan ingin tahu, karena cerita sangat mudah dipahami. Jika orang tua sering membacakan buku, si Anak dengan sendirinya lambat laun akan terpancing dan ingin tahu lebih banyak untuk membaca sendiri buku.

 

Ajukan pertanyaan saat anak mencoba membaca

Ajukan pertanyaan saat anak mencoba membaca, tentang kesulitan dan cara untuk menghadapinya. Hal ini sangat penting untuk tahu kendala yang dihadapi sesuai dengan bacaan di hadapannya. Berikan pertanyaan kepada anak, “Baca apa itu?”, “Tahu ngga artinya?”, atau “Ceritanya seperti apa?”

 
Ajak anak mengeja nama benda atau tempat

Ajarkan anak mengeja nama tempat atau benda di sekitar, karena benda dan tempat di sekelilingnya merupakan hal yang berhubungan dengan kesehariannya. Ajak ia untuk mengeja tulisan di sekelilingnya atau jika terlalu susah ajari dan suruh untuk menirukan. Selain sebagai metode yang tepat untuk membaca, mengeja hal di sekitarnya adalah cara agar ia lebih mengenal lingkungannya. 

 

Selalu sabar

Mengajari anak belajar membaca bukanlah sesuatu mudah, terkadang sebagai orang tua, kita merasa lelah karena anak tak juga mengerti. Untuk itu, selalu bersabar dalam mendampingi anak adalah kunci sukses untuk keberhasilannya. Orang tua sudah sepatutnya memberikan contoh teladan yang akan ditiru oleh anak-anaknya, selalu bersabar dalam proses belajar, karena tak ada belajar yang instan.  

 

Itulah beberapa cara yang dapat orang tua lakukan untuk mengajari anak belajar membaca. Melalui buku-buku anak akan meningkatkan kemampuan berpikir dan memahami sesuatu. Belajar membaca juga menjadi sarana untuk melatih anak agar tidak malas mengurai persoalan dan menemukan solusi. 

Yuk, terus temani buah hati Anda dalam belajar membaca!