ARTIKEL
- 02 Feb 2021

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi

Tetap waspada dengan menjaga daya tahan tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah terkena virus corona. Mengingat, pandemi masih belum dapat dipastikan kapan berakhirnya. Sehingga kita harus mengenali diri kita apakah termasuk kategori rentan atau tidak, mengenali lingkungan di mana kita tinggal, dan selalu mentaati protokol kesehatan.

Selain itu, kita harus merubah pola hidup kita agar lebih sehat dan sistem daya tahan tubuh kita semakin kuat. Jika daya tahan atau imunitas tubuh semakin kuat, setidaknya mampu menangkal risiko infeksi virus corona.

Melihat angka kasus terkonfirmasi virus corona yang masih tinggi, kita perlu sadar bahwa virus ini nyata dan dapat menyerang siapa saja. Untuk itu, simak beberapa tips berikut ini sebagai langkah pertahanan diri dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

 

  • Menjaga asupan nutrisi yang baik, terutama protein

Agar imunitas kuat, jangan sampai kekurangan asupan protein. Karena, selain protein bagus untuk meningkatkan massa otot, tetapi protein berperan besar dalam mempertahankan fungsi kekebalan tubuh dengan kandungan asam amino yang cukup tinggi di dalamnya.

Protein adalah salah satu nutrisi utama bagi tubuh, pastikan konsumsi makanan yang kaya akan protein. Sebagai contoh adalah produk Kimbo yang begitu praktis, higienis dan bernutrisi, selalu siap menemani aktivitasmu.

 

  • Tingkatkan asupan vitamin

Jika kamu bekerja di kantor atau di luar rumah selama pandemi ini, sebaiknya lakukan upaya pencegahan ekstra dengan lebih menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin, terutama vitamin B6, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E.

Benar bahwa vitamin adalah kunci utama dalam menjaga imunitas tubuh. Namun, ingat selalu untuk mengonsumsi sesuai dosis yang tepat yaa.

 

  • Mengonsumsi makanan berserat dan mengandung antioksidan

Kesehatan pencernaan adalah faktor utama untuk menjaga daya tahan tubuh tetap baik. Salah satunya adalah menjaga nutrisi serat dan antioksidan. Serat sangat bermanfaat untuk pencernaan dan metabolisme tubuh. Sementara, antioksidan bermanfaat untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Untuk memperoleh asupan berserat dan tinggi kandungan antioksidan itu, cukup perbanyak makan sayuran dan buah-buahan, seperti jambu biji, kol, bayam, stroberi, jeruk, paprika, hingga brokoli. 

 

  • Tidur yang cukup

Tidur memang secara tidak langsung dapat meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi tidur adalah proses regenerasi sel-sel tubuh yang berdampak besar bagi sistem imunitas tubuh. Tidur yang lelap adalah tidur yang berkualitas, dan besar manfaatnya untuk membantu proses detoksifikasi organ-organ tubuh.

Meskipun terdengar sederhana, kurang tidur terbukti berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu, pahami dirimu sendiri dengan mengatur pola tidur secara benar. 

 

  • Olahraga secara teratur

Selain asupan makanan yang baik, olahraga yang terukur adalah faktor penting untuk menjaga imunitas tubuh di tengah pandemi. Olahraga dapat meningkatkan kemampuan organ-organ bekerja dengan baik, seperti jantung, paru-paru, pembuluh darah, dan otot tubuh.

Namun, ingat apabila berolahraga di luar rumah, sebaiknya tetap perhatikan protokol Kesehatan 5M, yakni: 

  • memakai masker, 
  • mencuci tangan, 
  • menjaga jarak,
  • menghindari kerumunan
  • menghindari makan bersama orang yang belum jelas riwayat kesehatannya

 

Sebuah ungkapan populer mengatakan, ‘Mencegah lebih baik daripada mengobati’. Alih-alih tertular virus corona hanya karena kecerobohan kita, lebih baik kita selalu waspada dengan patuhi protokol kesehatan dan terapkan pola hidup yang sehat sesuai tips di atas.

Semoga kita selalu diberikan perlindungan, keselamatan, dan kesehatan dari Tuhan.