ARTIKEL
- 04 May 2021

Tips Tetap Produktif Selama Puasa

Puasa bukanlah alasan untuk seseorang menurunkan produktivitasnya. Karena, apa pun itu kewajiban akan pekerjaan tetaplah ada meskipun kita berpuasa. Apalagi, jika kita sudah memiliki niat bahwa puasa itu ibadah, sehingga produktivitas justru merupakan berkah. 

Bekerja atau beraktivitas selama puasa memiliki tantangan tersendiri, karena selama kurang lebih 12 jam kita harus menahan lapar dan dahaga. Selain itu, terkadang tubuh kita terasa lemas dan mengantuk dibandingkan hari-hari biasa. Sementara itu, pekerjaan harus diselesaikan meskipun sedang puasa. Oleh sebab itu, simak beberapa tips berikut ini agar kamu tetap produktif selama puasa!

 
Sahur dengan menu bernutrisi

Menu sahur merupakan sumber energi kita untuk menjalani hari ketika puasa. Namun, jangan terlalu banyak makan juga ketika sahur, bisa-bisa justru perut akan mual atau membuat mengantuk ketika siang. Sahur yang tepat adalah dengan menu yang bernutrisi, terutama yang kaya akan protein sebagai energi dan pembentuk jaringan tubuh. Salah satu makanan yang kaya akan protein sebagai menu sahur adalah Kimbo yang tersedia dalam berbagai varian, selengkapnya cek link berikut ini: https://kimbo.id/produk?brand=kimbo-frozen

 

Lakukan aktivitas ringan setelah sahur

Sahur membuat kita bangun lebih pagi dan bisa diisi dengan kegiatan ringan yang bermanfaat, seperti beribadah, membersihkan rumah, atau berolahraga ringan. Hindari tidur setelah sahur, karena ketika sedang kenyang dan kita tidur akan membuat metabolisme tubuh tidak baik. Sebaliknya, mengerjakan sesuatu terlebih dahulu justru akan membuatmu lebih bugar untuk bekal beraktivitas. 

 

Susun prioritas pekerjaan

Tak dapat dipungkiri puasa membuat pola aktivitas kita berubah, karena energi dan waktu pun terbatas. Sebaiknya jaga pola pekerjaan dengan susun prioritas. Ketahui pekerjaan mana yang mesti didahulukan, pekerjaan mana yang bisa ditunda. Dengan membuat prioritas pekerjaan juga membuat kita lebih terencana dan semangat dalam menyelesaikannya. 

 

Istirahat secukupnya

Siang hari merupakan waktu yang berat bagi seseorang yang sedang puasa. Selain karena lapar, biasanya waktu ini adalah saat tiba rasa kantuk. Untuk itu, apabila kamu tak kuat, sebaiknya istirahat barang satu jam atau dua jami atau bisa juga melakukan peregangan tubuh. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk dan membuat tubuh tidak kaku. 

 

Beraktivitas menjelang buka puasa

Aktivitas menjelang buka puasa atau ngabuburit adalah saatnya ketika kita kembali bersemangat, karena buka puasa segera tiba. Selain menyiapkan menu berbuka puasa, momen ngabuburit bisa diisi dengan aktivitas-aktivitas yang produktif, seperti baca buku favorit, berkreasi resep baru, mengatur dekorasi rumah, atau mengikuti kelas online. 

 

Di bulan yang penuh berkah, beraktivitas secara produktif adalah bentuk ibadah. Sehingga menahan lapar dan haus, bukan berarti menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Untuk itu, terapkan 5 tips di atas agar kamu tetap produktif selama berpuasa.

Semoga puasa membuat hidup kita semakin berkah!